Daftarkan Bisnis Anda

Atau cek kategori bisnis paling populer: Jasa, Kecantikan & Kesehatan, Kuliner

Segenap tim siiplah.com mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1435-H.

Petualangan di Goa Cerme

Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Petualangan di Goa Cerme

Sekilas Informasi Petualangan di Goa Cerme

Wisata di Yogyakarta tidak hanya tentang Malioboro, Parangtritis, Borobudur, dan tempat wisata yang biasanya penuh dikunjungi ketika akhir pekan atau liburan. Apabila berjalan ke arah selatan Yogyakarta dan menuju Imogiri, Kabupaten Bantul, terdapat lokasi yang tidak kalah menarik yakni Goa Cerme. Wilayah Imogiri dapat dibilang masih asri, tidak seramai di pusat kota sehingga bisa menjadi tempat liburan baru bagi siapa saja yang menyukai petualangan dan bosan dengan kehidupan perkotaan.

Goa Cerme terletak di Pegunungan Sewu, Dusun Srunggo, Kelurahan Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pada awalnya goa ini digunakan Wali Songo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Goa ini pula yang menjadi tempat para wali untuk merancang bangunan masjid Demak.

Goa Cerme merupakan goa paling besar di Imogiri. Perjalanan menuju depan gerbang goa harus dilakukan dengan menaiki sekitar 750 anak tangga. Goa Cermai berada di ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Pengunjung harus rela terendam air 0.5 – 1.5 meter bagi yang ingin menelusuri goa dari ujung hingga ke ujung berikutnya. Di beberapa tempat di Goa Cermai, atap goa semakin dekat dengan permukaan air sehingga pengunjung harus hati-hati menelusurinya.

Ada beberapa ruangan di Goa Cerme, yakni Panggung Pertemuan, Air Zamzam, Mustoko, Air Suci, Watu Kaji, Pelungguhan, Kraton, Watu Gantung, dan sebagainya. Pengunjung wajib menggunakan jasa pemandu dengan membayar Rp10,000/orang untuk menyusuri goa yang memiliki panjang 1,2 km. Hal ini dikarenakan keadaan di dalam goa sangat gelap dan berbahaya tanpa dibantu oleh orang yang sudah mengenal lokasi tersebut.

Seperti jenis goa kebanyakan, di dalam Goa Cerme juga terdapat stalagmit dan stalagtit yang masih aktif dan beberapa batu besar. Keadaan di dalam goa yang basah, gelap, dan lembab karena tidak ada cahaya matahari yang masuk membuat petualangan menyusur Goa Cerme semakin terasa seru dan menegangkan.

Pengunjung yang ingin merasakan berpetualang di Goa Cerme sebaiknya menyiapkan alat penerangan, membawa baju ganti, menggunakan sendal gunung atau yang nyaman. Apabila berada di air pengunjung membutuhkan kantong plastik untuk membungkus alat elektronik dan yang terpenting ialah siapkan fisik yang sehat. Setelah itu semua terpenuhi maka nikmati saja petualangan di Goa Cerme.

Ditulis oleh

Alamat & Telepon Petualangan di Goa Cerme

Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Telepon:

Ponsel:

Email & Website:

Peta Lokasi Petualangan di Goa Cerme

Klik disini apabila Anda menggunakan handphone dengan GPS dan ada aplikasi Google Maps pada HP Anda.

Perhatian: Apabila Anda menggunakan Komputer atau Handphone tanpa GPS, maka lokasi Anda sekarang tidak tampil atau tidak akurat

Komentar

comments powered by Disqus